Headlines News :
Home » » Antisipasi Pengangguran Di Aceh, Dinas Tenaga Kerja Aceh Akan Kirim Tenaga Kesehatan Ke Luar Negeri

Antisipasi Pengangguran Di Aceh, Dinas Tenaga Kerja Aceh Akan Kirim Tenaga Kesehatan Ke Luar Negeri

Written By News and Fun on Tuesday, 26 February 2013 | 22:50



* Saat Ini, Sudah Ada Tiga Negara Yang Berminat Menampung Tenaga Kerja Dari Aceh yaitu Malaysia, Arab Saudi dan Singapura.

Banda Aceh - Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh saat ini sedang fokus untuk program pengiriman Tenaga Kerja Indonesia atau TKI Aceh sebagai tenaga kesehatan, seperti perawat dan bidan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Ridwan Hasan, mengatakan tenaga kesehatan dari Aceh akan ditempatkan di rumah sakit yang ada di luar negeri.

“Sebelum dikirim kita akan membuat kegiatan pelatihan terlebih dahulu pada mereka, seperti pengenalan alat- alat medis, serta beberapa pengetahuan dunia pendidikan kesehatan lebih mendalam,” ujar Ridwan Hasan

Setelah kembali ke Aceh, kata dia, para perawat dan bidan itu dapat memperoleh manfaat terutama pengetahuan dan pengalamannya.

Rencana pengiriman tenaga kesehatan itu, kata Ridwan, dilihat dari persentase kelulusan akademi keperawatan dan kebidanan di Aceh yang tinggi.

Karena lapangan kerja yang tersedia di Aceh tidak tertampung lagi, kata dia, sangat baik jika ada program pengiriman TKI tenaga kesehatan ke luar negeri.

“Selain itu saat mereka pulang nantinya mereka juga akan mudah mendapat pekerjaan di seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia, karena pengetahuan mereka yang bertambah,” ujar Ridwan.

Saat ini, kata dia, sudah ada tiga negara yang berminat menampung tenaga kerja kesehatan dari Aceh yaitu Malaysia, Arab Saudi dan Singapura. Untuk beberapa negara lainnya, kata Ridwan, Pemerintah Aceh sedang melakukan pendekatan
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net