Headlines News :
Home » » Murid SDN 1 Sabang Bisa Merakit Komputer

Murid SDN 1 Sabang Bisa Merakit Komputer

Written By News and Fun on Thursday 19 April 2012 | 22:53

Murid SDN 1 Sabang Bisa Merakit Komputer

SABANG - Kecil-kecil cabe rawit. Mungkin pribahasa itu tepat untuk menggambarkan keahlian yang dimiliki 23 murid kelas 4 SD Negeri 1 Sabang. Meski baru kelas 4 SD, ternyata sudah menguasai teknik dasar merakit komputer.

Keahlian yang dimiliki para murid tersebut berawal dari kegiatan ekstrakurikuler yang diprakarsai Ari Sanjaya AMa, guru kelas 4 sekolah itu. Ari baru menerapkan kegiatan tersebut untuk murid di kelasnya saja.

“Ide ini muncul ketika melihat minimnya pemanfataan laboratorium di sekolah. Saya tanya sama beberapa murid, ternyata mereka mau belajar praktik karena mengaku jenuh harus belajar teori terus menerus,” kata Ari Sanjaya, kepada Serambi, Kamis (19/4).

Para murid diberi teori dan presentasi melalui video. Lalu, Ari Sanjaya merakit satu per satu komponen komputer seperti menghubungkan processeor ke mainboard, memasang harkdisc, memori, CD Room, dan lainnya. Kemudian diikuti oleh para murid. Pelatihan itu digelar setiap Kamis dan Jumat, mulai pukul 15.00-17 WIB, sejak beberapa waktu lalu.

Pelatihan tahap awal, diikuti 13 murid. “Dari sepuluh komputer yang jadi objek latihan para murid, empat diantaranya bisa beroperasi sempurna. Enam komputer lagi masih kurang baik karena muncul masalah-masalah kecil,” kata Ari.

Tahap kedua, tambahnya, peserta bertambah sepuluh orang. Hasilnya lebih memuaskan karena dari sepuluh komputer yang dirakit muridnya, semuanya bisa beroperasi dengan sempurna.
(Serambinews.com)
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net