Headlines News :
Home » » SMS & BB Tentang Issue Gempa Maha Dahsyat Tahun 2012 Ini, Dapatkah Gempa Diprediksi?

SMS & BB Tentang Issue Gempa Maha Dahsyat Tahun 2012 Ini, Dapatkah Gempa Diprediksi?

Written By News and Fun on Wednesday 25 April 2012 | 05:57

Dapatkah Gempa Diprediksi?

Dalam beberapa hari terakhir, masyarakat Sumatra bagian utara ditakutkan dengan SMS yang beredar tentang prediksi gempa besar. Konon katanya dalam SMS yang beredar dari HP ke HP dan BB ke BB, dituliskan sampai 12 Mw (momen magnitud). Saya tidak bisa membayangkan skala gempa 12 Mw, untuk info kawan-kawan saja bahwa skala 12 Mw = 1000 kali skala 9 Mw artinya gempanya sampai 1000 kali lebih kuat dari gempa 26 desember 2012…….wah ada2 saja ini sms.
Dalam tulisan ini, saya tidak membahas tentang skala gempa tapi lebih mau membahas tentang prediksi gempa yang sudah meresahkan warga.
Prediksi Gempa
Seseorang dikatakan bisa memprediksi gempa apabila bisa menentukan dengan tepat 4 Dimensi sumber gempa (x,y,z,t) atau bisa menentukan dengan tepat Longitud/Bujur (x), Latitud/Lintang (y), kedalaman (z) dan waktu (t) atau bahasanya kita simpelkan menjadi dia tahu  dengan tepat dimana dan kapan terjadinya gempa tersebut. Apakah sampai saat ini ada ahli Seismologi yang mampu memprediksi??
Dengan tegas penulis katakan bahwa sampai saat ini belum ada satupun ahli seismologi (gempa) yang mampu memprediksi gempa dengan tepat. Yang mampu mereka perkirakan adalah suatu kawasan yang bakal terjadinya gempa dalam jangka waktu tertentu, tanggal berapa dan jam berapa tepatnya tidak bisa dijawab. Contoh yang paling sederhana pernah saya tulis dalam website ini juga tentang Seismis Gap. Saat ini para ahli gempa mencoba mencari kawasan yang memiliki potensi gempa dari gap-gap gempa yang pernah terjadi sejak 30-100 tahun yang lalu. Kawasan yang jarang terjadinya gempa diperkirakan akan terjadi gempa, namun kapan tepatnya akan terjadi, tidak ada satu ahli gempa pun yang tahu.
SMS Menyesatkan
Beberapa hari belakangan ini, masyarakat Sumatra bagian utara khususnya wilayah Aceh diresahkan dengan beredarnya sms akan terjadinya gempa pada sore hari dengan skala 12 Mw. SMS ini merupakan sms sesat lagi menyesatkan, penulis sangat mengharapkan agar masyarakat yang menerima SMS ini tidak perlu risau dan kuatir dan jangan meneruskan SMS ini ke kerabatnya. SMS ini dikatakan sesat dan menyesatkan karena tidak ada bukti ilmiahnya dan dikirim oleh orang-orang yang tidak ingin melihat kita hidup dalam kedamaian.
Mari Siaga
Setelah gempa 11 April 2012, beberapa pakar memperkirakan akan ada gempa lagi di wilayah Sumatra bagian barat dan utara, namun kapan tepatnya akan terjadi tidak ada yang tahu. Walaupun masih ada potensi gempa, sebenarnya kita masyarakat tidak perlu takut dan kuatir karena Tidak Ada Gempa yang Membunuh, yang membunuh adalah reruntuhan bangunan karena gempa dan tsunami. Tentu kawan-kawan masih ingat gempa 26 Desember 2004 dengan skala 9,1 Mw. Adakah gempa tersebut membunuh warga Aceh?? saya rasa tidak ada satupun warga yang meninggal karena gempa tapi banyak warga yang meninggal karena effect setelah gempa. Jadi warga tidak perlu takut akan gempa, yang perlu masyarakat lakukan apabila ada gempa di atas 8 Mw adalah menjauhi kawasan pinggir pantai. Tidak perlu menunggu sirine (warning) karena gempa utama (mainshock) yang besar sudah merupakan warning (peringatan)
Semoga masyarakat kita makin bijak dalam menerima dan merespon setiap informasi yang menyangkut tentang bencana.

(www.ibnurusydy.com)
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net