Headlines News :
Home » » DATA KORBAN TRAGEDI SIMPANG KKA, DEWANTARA ACEH UTARA (3 Mei 1999) Data Koalisi NGO HAM Aceh

DATA KORBAN TRAGEDI SIMPANG KKA, DEWANTARA ACEH UTARA (3 Mei 1999) Data Koalisi NGO HAM Aceh

Written By News and Fun on Wednesday 2 May 2012 | 09:22

TRAGEDI SIMPANG KKA, DEWANTARA ACEH UTARA (3 Mei 1999)
Data Koalisi NGO HAM Aceh (Aceh N.G.O's Coalition for Human Right)


    • Pola kejadian: Pembantaian sipil.
    • Hari / Tanggal: Senin (3 Mei 1999)
    • Pukul: 12.30 WIB
    • Tempat: Simpang KKA Krueng Geukueh, Kec. Dewantara, Aceh Utara
    • Pelaku: Aparat dari satuan Den Rudal 001 dan Yonif 113 Aceh Utara.
    • Saksi mata: masyarakat Simpang KKA Dewantara Aceh Utara
    • Kronologis:
Pra kejadian
1. Jumat malam, 30 April 1999
Sekitar jam 20.30 WIB masyarakat Desa Cot Murong, Kecamatan Dewantara, mengadakan rapat
akbar untuk memperingati 1Muharram yang bertepatan dengan 30 April 1999. Oleh
pihak keamanan, peringatan 1 Muharram yang biasa diselenggarakan oleh masyarakat Islam di manapun di seluruh Propinsi Aceh, disebut sebagai ceramah Gerakan Aceh Merdeka (GAM).


Lalu muncul kabar bahwa seorang anggota TNI dari kesatuan Den Rudal 001/Pulo Rungkom berpangkat Sersan, bernama Adityawarman, hilang saat melakukan penyusupan di tengah kegiatan ceramah (Keterangan Kapuspen TNI, nama anggotanya yang hilang itu adalah Sersan Kepala Edi, dari Den Rudal 001/Pulo Rungkom, Aceh Utara).
Tidak jelas apakah anggota TNI itu benar hilang atau terjadi berbagai kemungkinan lainnya, tetapi yang pasti tidak satupun dari penduduk yang mengetahui keberadaannya. Dan yang pasti lagi, malam itu tidak terjadi apa-apa yang berarti di Desa Cot Murong.

  1. Sabtu malam, 1 Mei 1999
  2. Sebuah truk militer dari kesatuan Den Rudal 001/Pulo Rungkom berputar-putar dikawasan Desa Cot Murong dengan aktivitas yang tidak jelas, tetapi hari itu tidak terjadi apa-apa.
  3. Minggu pagi, 2 Mei 1999
Mulai pukul 05.00 WIB pasukan Den Rudal 001/Pulo Rungkom mulai melakukan operasi di kawasan Desa Cot Murong. Pada minggu pagi itu masyarakat sedang melakukan persiapan pelaksanaan kenduri memberi makan untuk anak-anak yatim sehubungan dengan pringatan 1 Muharram yang dilaksanakan sejak Jumat malam sebelumnya. Masyarakat memotong 4 ekor lembu di halaman Masjid Al-Abror, Cot Murong.
Pada saaat itulah, sekitar jam 11.00 WIB datang pasukan Den Rudal ke tempat kenduri dan dengan dalih menanyakan anggotanya yang hilang sehari sebelumnya mulai memuli warga setempat. Dilaporkan, waktu itu ada tidak kurang 20 orang yang dianiaya oleh anggota TNI tersebut. Praktek kekerasan dan penganiayaan dengan bertindak kasar, menampar dan memukuli hingga cedera, telah terjadi.
Ketika sedang melancarkan aksinya, penduduk sempat mencatat kata-kata yang dikeluarkan para anggota TNI yaitu "AKAN KAMI TEMBAK SEMUA ORANG ACEH APABILA SEORANG ANGGOTA KAMI TIDAK DITEMUKAN".
Menyadari kondisi yang mulai mencemaskan tersebut kemudian para warga dari Desa Murong dan desa-desa tentangga seperti Desa Lancang Barat, Kecamatan Nisam dan Paloh Lada, yang terdiri dari pemuda, wanita, orang tua serta anak-anak berkumpul untuk mencegah kemungkinan penganiayaan lebih lanjut, apalagi aparat militer telah mengeluarkan ancaman yang cukup menakutkan.
Tiba-tiba, pada pukul 13.00 WIB datang lagi pasukan tambahan yang terdiri dari 7 truk anggota TNI ke lokasi kenduri. Melihat itu, masyarakat yang telah berkumpul dari berbagai penjuru Kecamatan mencoba menghadang.
Tepat pukul 14.00 WIB terjadi negosiasi (membuat perjanjian) antara masyarakat Kecamatan Dewantara dengan Danramil Kecamatan Dewantara yang diketahui pihak MUI Kecamatan, yang isinya: "TNI tidak akan datang lagi ke Desa Cot Murong dengan alasan apapun".
4. Minggu malam, 2 Mei 1999.
Masyarakat desa mengetahui adanya penyusupan anggota TNI antara jam 20.00 WIB sampai dinihari ke Desa Cot Murong dan Desa Lancang Barat. Bahkan penduduk pun mengetahui adanya sebuah boat yang diperkirakan milik militer berupaya untuk melakukan pendaratan di pantai Desa Cot Murong, namun batal karena terlanjur diketahui oleh warga setempat. Sampai waktu itu tidak terjadi apa-apa, namun kecemasan penduduk semakin memuncak, dan sejak saat itu mereka semua mulai berkumpul sampai Senin pagi.
5. Senin pagi, 3 mei 1999.
Tepat pada pukul 09.00 WIB, 4 truk pasukan TNI datang lagi memasuki Desa Lancang Barat, desa tentangga Cot Murong. Massa rakyat yang berkumpul merasa cemas dan mulai mempersenjatai diri dengan kayu dan parang (tanpa senjata api). Lalu datang Camat Dewantara, Drs. Marzuki Amin ke Simpang KKA dan mulai melakukan negosiasi dengan aparat TNI. Aparat berkeras dan negosiasi mentok. Camat tetap berpegang kepada perjanjian terdahulu yang telah disepakati oleh masyarakat dengan Koramil Dewantara yang intinya pihak TNI tidak lagi melakukan kegiatan operasi di daerah mereka. Negosiasi itu beralangsung cukup lama. Waktu sudaah menunjukkan hampir jam 12.00 WIB.
Untuk menunjukkan kesungguhan hati dan permohonan yang sangat besar agar pasukan segera ditarik dan pihak TNI menghormati perjanjian yang telah dibuat, Camat Marzuki Amin sempat mencopot tanda jabatan dari dadanya. Tetapi malah sang Camat kemudian dipukuli oleh tentara.
Pada saat itu tiba-tiba satu truk milik TNI bergerak dan sambil berlalu, dari atas truk para tentara melempari batu ke arah masyarakat, dan masyarakat yang terpancing balas melempari batu ke atas truk. Pada saat yang hampir bersamaan juga seorang anggota tentara berlari kearah semak-semak dan masyarakat yang terpancing mengejarnya. Tiba-tiba dari arah semak itu terdengar satu letusan senjata. Letusan senjata itulah yang seperti sebuah "komando" disusul oleh rentetan serangan. Pembantaian segera dimulai. Tepat jam 12.30 WIB.
  1. Saat Kejadian.
  2. Pukul 12.30 WIB.
    Suara gemuruh dan teriakan manusia memenuhi Simpang KKA. Ribuan orang berlarian menghindari serangan dari TNI. Dua wartawan RCTI (Umar HN dan Said Kaban) yang kebetulan sudah berada di tempat itu sempat merekam moment-moment penting yang terjadi baik dengan foto atau video. Dapat dikatakan, hasil rekamannya itu menjadi salah-satu bukti yang paling akurat dan tidak mungkin dapat dipungkiri tentang bagaimana peristiwa yang sebenarnya.
    Tembakan yang dilakukan tanpa peringatan terlebih dahulu dan dengan posisi siap tempur. Tentara yang dibagian depan jongkok dan yang berada pada barisan belakang berdiri. Selain itu, tentara yang berada di atas truk juga terus melakukan tembakan sambil melakukan gerakan-gerakan tempur. Saat itu penduduk yang tidak lagi sempat lari melakukan tiarap tapi terus diberondong.
    Selain melakukan tembakan kearah masa, TNI juga mengarahkan tembakan ke rumah-rumah penduduk, sehingga banyak warga yang sedang di dalam rumah juga menjadi korban. Bahkan mereka mengejar dan memasuki rumah-rumah penduduk dan melakukan pembantaian di sana.
    Ketika melakukan tembakan para anggota tentara itu juga berteriak-teriak. Kalimat yang paling sering diucapkan adalah "Akan kubunuh semua orang Aceh". Banyak penduduk yang sudah tertembak dan tidak bisa lari lagi masih terus diberondong oleh tentara dari belakang. Mereka benar-benar melakukan pembantaian seperti sebuah pesta.
  3. Pasca Kejadian

  1. Data korban tewas
  2. N0
    NAMA/UMUR
    ALAMAT
    KETERANGAN
    1
    A. Majid Umar (54)
    Kec. Sawang

    Meninggal,

    Luka tembak
    2
    Zainal Abidin (35)
    Warga Desa Paya Dua, Kec Nisam

    Menimnggal,

    Luka tembak
    3
    Jamaluddin (35)
    Warga Geudong Ringet,Seumirah, Kec.Nisam

    Meninggal,
    Luka tembak, dibawa pulang ke rumah


    4
    Jufri Jamal (35)
    Warga Nisam
    Meninggal di Tempat Kejadian Perkara
    5
    Kamaruddin Yahya(42)
    Warga Paloh Lada, Sp. KKA

    Meninggal,

    Luka tembak
    6
    Khalid Syam (50)

    Warga Reuleut Timur,

    Kec. Dewantara

    Meninggal,

    di bawa pulang ke rumah
    7
    Henri Rusli (15)
    Warga Desa Paya Gaboh, Kec.Nisam

    Meninggal,

    Luka tembak
    8
    M.Ali (40)
    Warga Lancang Barat, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    9
    Wardani (17)

    Warga Desa PalohLada,
    Sp. KKA,

    Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    10
    Razali Hanafiah (35)
    Warga Desa Babah Buloh, Kec. Sawang

    Meninggal,

    Luka tembak
    11
    M. Thalib Syam (42)
    Warga Desa Reuleut Timur, Kec Deawantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    12
    Ramli Bakri (40)
    Warga Desa Lhok Drien Seumirah, Kec.Nisam

    Meninggal,

    Luka tembak
    13
    Saddam Husein (7)
    Warga Keude Blang Krueng Geukuh

    Meninggal,

    luka tembak di kepala
    14
    Sudirman (12)
    Warga Desa Sp. KKA Krueng Geukuh, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    mengalami luka tembak menembus sampai ke bokong
    15
    M. Nasir T.Buket (35)
    Warga Desa Paloh Lada, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    16
    Hasanuddin A.Gani (35)

    Warga Desa Seumirah,

    Kec. Nisam

    Meninggal,

    Luka tembak
    17
    Muklis Muslim (18)

    Warga Desa Paya Dua, Kec. Nisam

    (Siswa SMU PGRI Krueng Geukuh)

    Meninggal,

    Luka tembak
    18
    Yuslina (18)
    Warga Lancang Barat, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    19
    Syukur Nurdin (14)
    Warga Desa Cot Geureundeng, Kec. Jeumpa Bireuen

    Meninggal,

    Dan langsung di bawa pulang ke rumah keluarga
    20
    Umar Amin (25)

    Warga Patok 7 Alue Seugo Weng,

    Kuta Makmur

    Meninggal,

    Luka tembak
    21
    Mahmuddin (60)

    Warga Desa Paloh Lada Sp. PT KKA,

    Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    22
    Zakaria ZA (45)

    Warga Desa Seumirah,
    Kota Makmur,

    Kec. Nisam

    Meninggal,

    Luka tembak
    23
    Ramli Muhammad (47)
    Warga Desa Lhok Drien, Kec. Sawang

    Meninggal,

    Luka tembak
    24
    Nurmalis (12)
    Warga Desa Ulee Reuleung, Kec. Deawantara

    Meninggal,

    Dan langsung di bawa pulang ke rumah
    25
    Hasanul (20)
    Warga Desa Alue Seumirah, Kec. Nisam

    Meninggal,

    Luka tembak
    26
    Abdulmajid Isman (45)
    Warga Desa Paya Dua, Kec. Nisam

    Meninggal,

    Luka tembak
    27
    Husaini Daud (25)

    Warga Desa Lr. Mesjid Krueng Geukueh,

    Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    28
    Abdul Muthalib (50)
    Warga Desa Reuleut Timur, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    29
    Sudirman (25)
    Warga Desa Balai Setui, Kec. Peusangan

    Meninggal,

    Luka tembak
    30
    Muzakir Usman (25)
    Warga Desa Bukla Tebai, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    31
    M.Jamil (14)
    Warga Desa Lancang Barat, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    32
    Razali (20)
    Warga Desa Lancang Barat, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    33
    Nurdin Sabil (18)
    Warga Desa Lancang Barat, Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak
    34
    Murdani Ben Jafar (18)
    Warga Desa Lancang Barat, Kec. Dewantara

    Meningggal,

    Terkena peluru dipaha kiri kanan tembus
    35
    Murtala Ben Cut (42)
    Warga Desa Seumirah, Kec. Nisam

    Meninggal,

    Luka tembak
    36
    Nurmaliah (32)
    Warga Desa Keude Krueng Geukueh, Kec Dewantara
    Meninggal di RSU Lhokseumawe dalam perawataan akibat luka tembak (Selasa,4/5/99)
    37
    Razali Abbas (17)
    Warga Desa Meunasah Pulo, Kec. Sawang
    Meninggal
    38
    Jamal (?)
    Warga Desa Paya Dua, Kec. Nisam
    Meninggal
    39
    Mulyadi (25)
    Warga Desa Alue Kerinyai Geulumpang Sulu Barat Cot Murong Kec. Dewantara

    Meninggal,

    Luka tembak di punggung menembus ke dada depan
    40
    Muhammad Ben (41)

    Warga Kec. Nisam

    Aceh Utara

    Meninggal,

    Luka tembak
    41
    Yuni Arsita (15)
    Warga Dusun Keude Blang, Desa Lancang Barat Kec. Dewantara Aceh Utara
    Meninggal di RSU Zainal Abidin BNA dalam perawatan setelah menjalani operasi beberapa setelah kejadian (Minggu, 9/5/99)
    42
    Yusni Daud (17)
    Warga Desa Alue Beu Mesjid

    Meninggal,

    Di tembus peluru tajam
    43
    M.Nasir Syahid (?)
    Warga Desa Tambon Tunong
    Meninggal
    44
    Khairuddin (25)
    Warga Desa Reuleut Timur, Kec. Dewantara Aceh Utara

    Meninggal,

    Luka tembak
    45
    Nurdin (18)

    Lancang Barat,

    Kecamatan Denwantara Aceh Utara

    Meninggal,

    Luka tembak
    46
    Syukur Nurdin (14)
    Cot Geureundong, Kecamatan Jeumpa Aceh Utara
    -
  3. Data Korban luka-luka
  4. N0
    NAMA/UMUR
    JENIS KELAMIN
    ALAMAT
    KETERANGAN
    1
    Mulyadi (13 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa lancang Barat Krueng Geukueh Kec Dewantara

    Luka tembak dibetis
    2
    Fakri M.Yusuf (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa lancang Barat Krueng Geukueh Kec

    Dewantara
    Luka tembak dibetis
    3
    Dhaini (23 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa lancang Barat Krueng Geukueh Kec Dewantara
    Luka tembak dibetis
    4
    Yusnawati

    Perempuan



    Warga Desa Keude Blang Lancang Barat Kec. Dewantara
    Luka tembak dibetis
    5
    Ridwan Abdullah (22 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak diatas tumit dan dihantam dengan popor senjata dibagian muka
    6
    Hasan Basri (35 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Lancang Barat Kec Dewantara
    Luka terserempet peluru dibagian kepala
    7
    Riwan (18 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Keude Blang Lancang Barat Kec. Dewantara
    Tulang paha kiri retak dan mengalami luka dalam.
    8
    Erlinawati (21 tahun)
    Perempuan

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    9
    Yusrizal (12 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bungkah Muara Batu Lancang Barat Kec Dewantara
    Luka tembak dibahu bagian belakang
    10
    Muzakkir A Thaleb (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Bluka Teubai

    Kec Dewantara

    Luka tembak
    11
    Umar (15 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak dikaki
    12
    Yusnita (16 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    13
    Armansyah (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    14
    Murdani M (23 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bangka Jaya Lancang Barat Kec Dewantara
    Luka tembak
    15
    Safrizal (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    16
    Syahrubat (56 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    17
    M Ali (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    18
    Hasan Hamid (33 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    19
    Yusmaini

    Perempuan

    Warga Desa Lancang Barat

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    20
    Zaini (23 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Tambon Tunong Lancang Barat Kec Dewantara


    Luka tembak dibagian punggung
    21
    Nurmaliah (32 tahun)

    Perempuan




    Warga Desa Lancang Barat Krueng Geukuh

    Kec Dewantara
    Luka tembak disamping punggung rusuk kiri
    22
    Nurdin (35 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Keude Blang Lancang Barat Kec Dewantara
    Luka tembak
    23
    Ernawati (21 tahun)

    Perempuan




    Warga Desa Lancang Barat Krueng Geukuh

    Kec Dewantara
    Luka tembak dipangkal paha tembus
    24
    M Nur Syah (24 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat Krueng Geukuh

    Kec Dewantara

    Luka tembak



    25
    Zainuddin (21 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat Krueng Geukuh

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    26
    M Diah Yasin (28 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Lancang Garam Kec Banda Sakti
    Luka tembak
    27
    Sofyan (23 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Alue Garot

    Kec. Dewantara
    Luka tembak
    28
    Halimah (16 tahun)
    Perempuan

    Warga Desa Alue Reuleung

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    29
    Yusmani (26 tahun)
    Perempuan

    Warga Desa Alue Reuleung

    Kec Dewantara
    Luka tembak ditangan kiri
    30
    Hariana (14 tahun)

    Perempuan

    Warga Desa Alue Reuleung

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    31
    Abdullah Abubakar (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Simpang Ardhat Mesjid Cunda
    Luka tembak dibagian paha dan kaki
    32
    Habsah (40 tahun)

    Perempuan



    Warga Desa Ulee Maden Bungkah Muara Batu Lancang Barat Kec Dewantara

    Luka tembak





    33
    Saridin (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Balee Gajah

    Kec Nisam
    Luka tembak
    34
    Samsul Bahri (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bluka Teubai Kec Dewantara
    Luka tembak ditangan kiri
    35
    Abdurrahman (75 tahun )
    Laki-laki
    Warga Desa Alue Papeun
    Luka tembak
    36
    Sukardi (65 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Blang Aman Cot Girek Lhok Seukon
    Luka tembak
    37
    Saifuddin Abubakar (16 thn)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Gle Leubu
    Luka tembak dilutut kiri
    38
    Sofyan (23 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Baro
    Luka tembak
    39
    Hanafiah (54 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Baro

    Luka tembak


    40
    M Amin (45 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Trieng Lhoksukon
    Luka tembak
    41
    Muammar Abdullah
    Laki-laki
    Warga Desa Krueng Seunong Kuta Makmur
    Luka tembak
    42
    Fadhli Nur (20 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Jalan Peusangan
    Luka tembak
    43
    M Thaleb (63 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Paya Punteuet
    Luka tembak
    44
    Yusmalini (13 tahun)

    Perempuan



    Warga Desa Keude Blang Lancang Barat Kec. Dewantara
    Luka tembak dipelipis bagian kanan
    45
    Ramlah (60 tahun)

    Perempuan
    Warga Desa Uteun Geulinggang
    Luka tembak dibagian punggung kanan
    46
    Yusri Mahmud (35 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Teupin Reudeuep Kec. Sawang
    Luka tembak dibagian kepala
    47
    Zulfadhli (18 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Seumirah Kec. Nisam
    Luka tembak dibagian punggung dan serpihan peluru dibetis kiri serta paha
    48
    Rahmi (17 tahun)
    Perempuan
    Warga Desa Ulee Pulo
    Luka tembak dipergelangan kaki
    49
    Nurlatifah (37 tahun)
    Perempuan

    Warga Desa Tanjong Haji, Matang Kuli


    Luka tembak dibetis dan lutut
    50
    Abdullah Sulaiman (20 thn)
    Laki-laki
    Warga Desa Alue Sagoweng
    Luka tembak dipaha
    51
    Asriani (21 tahun)
    Perempuan

    Warga Desa Blang Pulo Ulee Reuleung

    Kec. Dewantara

    Luka tembak

    52
    Alamsyah (18 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Gampong Teungoh

    Kec. Sawang
    Luka tembak
    53
    Hasan Azhari (23 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Simpang Rambong Seumirah Kec.Nisam
    Luka tembak dibetis dan lutut
    54
    Safwan A Gani (42 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Alue Ie Mudek,

    Kec. Sawang
    Luka tembak dipaha
    55
    M Syukur Nurdin (13 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Cot Geureundong Bireuen
    Luka tembak
    56
    Muhtar (40 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Langcang Jaya Kec.Dewantara
    Luka tembak dileher
    57
    M Hidayatullah (13 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bangka Jaya Krueng Geukuh, Kec. Dewantara
    Luka tembak
    58
    Muslim (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Seumirah Kec.Nisam
    Luka tembak dileher
    59
    Bailawi (26 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Uteuen Reutoh, Kec. Jeumpa Birueun
    Luka tembak
    60
    Haiyuddin (30 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Simpang KKA,

    Kec.Dewantara
    Luka tembak dilambung kanan
    61
    Murtala (28 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Paloh Lada, Kec. Dewantara
    Dianiaya sampai luka dalam
    62
    Muhadir (27 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Uteun Geulinggang
    Luka tembak
    63
    Samsul Bahri (12 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bangka Jaya, Kerc. Dewantara
    Luka tembak ditumit kanan
    64
    Sulaiman Nazali (21 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Kambang Bungkah
    Luka tembak dipinggang
    65
    Ibnu Abbas (29 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Paloh Raya Muarabatu, Kec.Dewantara
    Bocor kepala karena hantaman popor senjata
    66
    Jamaluddin (18 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bungkah Muarabatu, Kec.Dewantara
    Luka tembak dipaha kiri
    67
    Rosyidi (22 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Nyie, Kec.Nisam

    Luka tembak
    68
    Zainuddin (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Tambon Tunong, Krueng Geukuh, Kec. Dewantara
    Luka tembak dibahu kanan
    69
    M Yusuf (?)
    Laki-laki
    Warga Kecamatan Nisam
    Luka tembak dibetis
    70
    Helmi (14 tahun)
    Laki-laki
    Warga Kecamatan Nisam
    Luka tembak dipingggang bagian belakang
    71
    Razali (21 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Seumirah,

    Kec. Nisam
    Luka tembak ditangan
    72
    Syamsuddin (16 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Reuleut Barat, Kec. Dewantara
    Luka tembak dipunggung
    73
    Mulyadi (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Sulu Barat,

    Kec. Dewantara
    Luka tembak
    74
    Syarifah (40 tahun)
    Perempuan
    Warga Kecamatan Nisam
    Luka tembak
    75
    Safari Muhammad (36 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Pulo
    Luka tembak dipaha kiri
    76
    M Nur Gade Johan (29 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Pulo Bireuen
    Luka tembak
    77
    Razali (21 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Seumirah,

    Kec. Nisam
    Luka tembak
    78
    Sudirman (20 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Kambam Muarabatu, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    79
    A Azis (28 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Pusong
    Luka tembak
    80
    Muhammad (29 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Seumirah,

    Kec. Nisam
    Luka tembak
    81
    Samsul Bahri (40 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Batuphat,

    Kec. Dewantara

    Luka tembak


    82
    Ilyas (30 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Seumirah, Kec. Nisam

    Luka tembak
    83
    Iskandar (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bungkah
    Luka tembak
    84
    Yusuf Usman (?)
    Laki-laki
    Warga Desa Bangka Jaya, Kec. Dewantara

    Luka tembak
    85
    Yusmardi (22 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bangka Jaya, Kec. Dewantara
    Luka tembak
    86
    Alamsyah (?)
    Laki-laki
    Warga Pesantren Cot Murong
    Luka tembak
    87
    Rusdi Ibrahim (36 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Lhok Drien Seumirah, Kec.Nisam
    Luka tembak dibahu kiri
    88
    Halimah (19 tahun)

    Perempuan

    Warga Desa Ulee Reuleut,

    Kec. Dewantara
    Luka tembak
    89
    Azhari (30 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Krueng Geukuh Kec. Dewantara
    Luka tembak
    90
    Agusran (?)
    Laki-laki
    Warga Desa Krueng Geukuh, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    91
    Albar bin Yasin (20 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Punteut Muaradua
    Luka tembak
    92
    Adi Puteh (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Tutue
    Luka tembak
    93
    Adib Kasem (35 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Tutue
    Luka tembak
    94
    Yusuf Raja (35 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Glumpang Sulu Timu, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    95
    Rabi’ah Abu (40 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Glumpang Sulu Timu, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    96
    Maimunah (43 tahun)

    Perempuan



    Warga Desa Glumpang Sulu Timu, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    97
    Boyhaqi (11 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Glumpang Sulu Timu, Kec.Dewantara

    Luka tembak

    98
    Zainabon (17 tahun)

    Perempuan



    Warga Desa Glumpang Sulu Timu, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    99
    Supriyadi (13 tahun)
    Laki-laki
    -
    Luka tembak
    100
    Erlina (17 tahun)
    Perempuan
    -
    Luka tembak
    101
    Ismail Fuadi (17 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Glumpang Sulu Timu, Kec.Dewantara

    Luka tembak

    102
    Irwan (17 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Glumpang Sulu Timu, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    103
    Muhadir Yacob (15 tahun)
    Laki-laki
    -
    Luka tembak
    104
    Abdullah (60 tahun)
    Laki-laki
    -
    Luka tembak
    105
    Zaini Rauf (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Tutue
    Luka tembak
    106
    Irwansyah (22 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Ulee Tutue
    Luka tembak
    107
    M Yusuf Hasan (28 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Simpang Rambong, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    108
    Zubir (28 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Simpang Rambong, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    109
    Jamali (27 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Rembang Panyang
    Geger otak
    110
    Fachrizal (25 tahun)
    Laki-laki

    Warga Desa Krueng Geukuh,Kec.

    Dewantara
    Luka tembak dikaki kiri dan kanan
    111
    Ramlah (65 tahun)

    Perempuan


    Warga Desa Tambon Tunong, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    112
    M Hasan (30 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Lancang Barat, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    113
    Zulkifli (33 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Paloh Lada, Kec.Dewantara

    Luka tembak


    114
    Jakfar (35 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Tambon Tunong, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    115
    Husen (23 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bungkah Muaradua
    Luka tembak
    119
    Sukri (18 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Reuleut Barat Muarabatu

    Luka tembak


    120
    Zulkifli (33 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Tumpok Teungoh, Kec.Banda Sakti
    Luka tembak
    121
    Muryati (40 tahun)

    Perempuan



    Warga Desa Bungkah Muarabatu
    Luka tembak
    122
    Andib (45 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Kreung Geukuh Kec. Dewantara

    Luka tembak



    123
    Abdullah (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Meunasah Mesjid Muaradua
    Luka tembak
    124
    Rusiadi (22 tahun)
    Laki-laki
    Warga Krueng Geuekuh
    Luka tembak
    125
    Hasanah (29 tahun)

    Perempuan



    Warga Desa Tambon Tunonh, Kec. Dewantara
    Luka tembak
    126
    Hasanur (?)

    Perempuan


    Warga Desa Tambon Tunonh, Kec. Dewantara
    Luka tembak
    127
    Syarifuddin (15 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Tambon Tunonh, Kec. Dewantara
    Luka tembak
    128
    Umar (36 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Buloh Kutamakmur
    Luka tembak
    129
    Burhanuddin (24 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Tambon Tunonh, Kec. Dewantara

    Luka tembak


    130
    Nasruddin (24 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Paloh Lada, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    131
    Azura (35 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Krueng Geuekuh, Kec. Dewantara
    Luka tembak
    132
    Syarwani (9 tahun)
    Perempuan
    Warga Desa Blukat Teubai
    Luka tembak
    133
    Dedek (?)

    Perempuan


    Warga Desa Alue Sagoeng, Kutamakmur
    Luka tembak
    134
    M. Yusuf (31 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Simpang KKA, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    135
    Ajran (35 tahun)
    Laki-laki
    -
    Luka tembak
    136
    Yusnidar (19 tahun)

    Perempuan


    Warga Desa Bangka Jaya Kec. Dewantara
    Luka tembak
    137
    Abdullah (22 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Buloh Blang Ara, Kutamakmur

    Luka tembak
    138
    Yusuf Usman (?)
    Laki-laki
    -
    Luka tembak
    139
    Sudirman M (?)
    Laki-laki

    Warga Desa Lancang Barat Krueng Geukuh

    Kec Dewantara
    Luka tembak
    140
    Fuddin (?)
    Laki-laki
    Warga Desa Simpang KKA, Kec. Dewantara
    Luka tembak
    141
    Burhanuddin (24 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Paloh Muaradua, Kec.Dewantara

    Luka tembak
    142
    Marzuki M Amin (45 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Krueng Geukuh, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    143
    Helmi (10 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Pulo Teungoh Leubeu Makmur
    Luka tembak
    144
    Husaini (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Lancang Barat, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    145
    Jafaruddin (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Seumirah, Kec.Nisam
    Luka tembak
    146
    Baharuddin Y (16 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa paloh Muaradua, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    147
    Abdullah Sulaiman (9 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Alue Sagoweng Kutamakmur
    Luka tembak
    148
    Umar (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Alue Sagoweng Kutamakmur
    Luka tembak
    149
    Azhar (?)
    Laki-laki
    Warga Desa Simpang Rambong, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    150
    Azhar (?)
    Laki-laki
    Warga Desa Paya Dua, Kec.Nisam
    Luka tembak
    151
    Muslim (25 tahun)
    Laki-laki
    Warga Desa Bangka Jaya, Kec.Dewantara
    Luka tembak
    152
    M Syukur (?)
    Laki-laki
    Warga Desa Jumpa Bireuen
    Luka tembak
    153
    Ernawati (?)

    Perempuan
    Warga Desa Lancang Garam, Kec.Banda Sakti
    Luka tembak
    154
    Leilamy (26 tahun)
    Perempuan
    Warga Desa Jumpa Bireuen
    Luka tembak
    155
    Yusmani (22 tahun)

    Perempuan

    Warga Desa Ulee Reuleung,

    Kec. Dewantara
    Luka tembak
    156
    Zami (?)
    Laki-laki
    Warga Desa Lancang Barat, Kec. Dewantara
    Luka tembak
  5. Data Korban hilang

N0
NAMA
UMUR
ALAMAT
1
Sofyan Nurdin
17 tahun

Ulee Tutong, Lancang Barat

Kec. Dewantara
2
Mahendra Husni Basyah
35 tahun

Cunda

Kec. Muara Dua
3
Saiful Bahri
15 tahun
Paloh Mambu Kecamatan nisam
4
Razali Ismail
?
Lancang Barat Kecamatan Dewantara
5
Herry
19 tahun
Paya Laboh
6
Marzuki
27 tahun
Pulo Rungkom
7
Umar Razali
18 tahun

Tambon Tunong

Kec. Dewantara
8
Muzakkir alias Si Pon
?
Paloh Mambo
9
Ranto
45 tahun

Pusong

Kec Krueng Geukueh
10
Israyuddin Yusuf
28 tahun
Utueun Geulinggang






Address: Jl Sudirman No.11A Geuceu Kaye Jato Banda Aceh Phone: 62 651 41998 Fax: 62 651 47839
spacer image


Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net