Headlines News :
Home » » Zulkifli dan Usman Unggul

Zulkifli dan Usman Unggul

Written By News and Fun on Friday 15 June 2012 | 07:54

* Hasil Sementara Pilkada di Sabang dan Langsa 


SABANG - Pemungutan suara dalam pilkada putaran kedua di Kota Sabang dan Langsa, Kamis (14/6) kemarin, berlangsung aman. Berdasarkan hasil penghitungan cepat (quick count) beberapa pihak, pasangan Zulkifli H Adam/Nazaruddin (Zulzar) meraih suara terbanyak di Sabang. Sedangkan di Langsa, Usman Abdullah (Tauke Su’um)/Marzuki Hamid, untuk sementara dinyatakan unggul. Kedua pasangan yang menang itu, dicalonkan Partai Aceh (PA). 

Di Sabang, pihak yang melakukan penghitungan cepat terhadap hasil pemungutan suara itu adalah Partai Aceh (PA) dan Pemko Sabang. Berdasarkan penghitungan sementara, pasangan nomor urut 5, Zulzar, meraup hingga 60% suara yang sah, sementara pasangan nomor urut 2, Ir H Hirwan Jack SH MBA MM/Drs Saluddin Al-Cassany MM hanya memperoleh 37% suara.

Hingga pukul 18.00 WIB kemarin, berdasarkan rekap tim real count PA/PKS yang dipimpin Juanda SPdI, dari seluruh suara yang masuk, sebanyak 15.845 atau 67,88% dari total daftar pemilih tetap atau DPT (23.231), Zulkifli H Adam/Nazaruddin meraup 9.950 suara (62,80%). Sedangkan H Hirwan Jack/Saluddin Al-Cassany memperoleh 5.895 suara (37,20%).

Dari keseluruhan DPT di Sabang, ternyata 7.982 orang (33,50%) tidak menggunakan hak pilihnya. Selain itu, 328 kertas suara (1,38%) dinyatakan rusak. 

Hasil tersebut tidak beda jauh dengan quick count yang diolah Bidang Pemerintahan Pemko Sabang. Data di tempat ini menunjukkan bahwa Zulzar yang didukung PA dan PKS meraup 9.844 suara, sedangkan Hirwan Jack/Saluddin 5.759 suara.

Pantauan Serambi, usai perhitungan cepat kemarin siang, ratusan pendukung memenuhi Posko Pemenangan Zulzar di Kantor PKS Sabang, Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Sabang, untuk menyampaikan ucapan selamat. 

Penjabat Wali Kota Sabang, Zulkifli HS juga menyalami dan menyampaikan ucapan selamat kepada Zulkifli yang saat itu didampingi Koordinator Wilayah I PKS, Khairul Amal SE.

“Alhamdulillah, Pilkada Sabang berlangsung aman. Meski semula sempat ada isu bahwa bakal ada gejolak, tapi nyatanya pemilihan berlangsung aman. Muspida Plus terus memantau pilkada sejak pagi hingga sore bahkan ke pelosok-pelosok,” kata Zulkifli HS.  Sebelumnya Muspida Plus Sabang memantau sejumlah TPS.

Usman/Marzuki unggul 
Dari Langsa dilaporkan, pasangan nomor urut 13 Usman Abdullah (Tauke Su’um)/Marzuki Hamid untuk sementara meraih suara terbanyak pada pilkada putaran kedua di kota itu, kemarin.

Suara yang diraih pasangan ini sekitar 35.986 atau sekitar 58,52%. Sedangkan pasangan incumbent, nomor urut 3, Zulkifli Zainon/Syaifullah, sementara mengantongi 25.512 suara atau 41,48%. 

Data sementara itu diperoleh Serambi, Kamis (14/6) malam, dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa.  Ketua KIP Langsa, Agusni AH SE yang dikonfirmasi Serambi menegaskan bahwa data perolehan suara yang ada tersebut masih bersifat sementara. Rekapitulasi suara di tingkat KIP Langsa, menurutnya, akan dilakukan beberapa hari mendatang. 

Kata Agusni, penghitungan suara di Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah selesai dilakukan, dan saat ini kotak suara telah bergeser ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di lima kecamatan dalam wilayah Langsa.

“Proses pemilihan dan penghitungan suara di tingkat PPS, alhamdulillah telah selesai dilakukan tanpa ada kendala apa pun. Kita ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, termasuk dua calon wali kota/wakil wali kota Langsa dan timses, pihak keamanan, dan masyarakat Kota Langsa. Sehingga Pilkada putaran kedua pada kamis (14/6) berjalan dengan suskes, lancar, tanpa ada kendala apa pun di lapangan,” ujarnya.

KIP Aceh memantau
Persiapan hingga tahap pemungutan suara di Kota Langsa kemarin ikut dipantau KIP Aceh bersama unsur Pemerintah Aceh dan Pemko Langsa. Dari KIP Aceh hadir langsung ketuanya, Drs Abdul Salam Poroh dan tiga anggota komisioner: Ir Hj Nurjani Abdullah, Zainal Abidin SH MH, dan Roby Syahputra SE. Sekretaris KIP Aceh, Drs Munawar dan Staf Ahli Gubernur Aceh M Jafar SH MH, juga ikut memantau.

Dandim 0104/Aceh Timur Letkol M Hasan menambahkan, dari segi keamanan pihaknya bersama Polres Langsa sudah berusaha maksimal mengamankan pilkada putaran kedua di Langsa dan alhamdulillah berjalan lancar. 

Pantauan Serambi, selama pilkada putaran kedua berlangsung, tidak ada gangguan apa pun, baik di Kota Sabang maupun di Kota Langsa.
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net