Headlines News :
Home » » BBG ( Bahan Bakar Gas) Solusi Mengatasi BBM Di Tahun 2013

BBG ( Bahan Bakar Gas) Solusi Mengatasi BBM Di Tahun 2013

Written By News and Fun on Monday 23 April 2012 | 16:58

 250 ribu angkot segera pakai BBG



JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan mulai tahun ini sekitar 250 ribu angkutan umum akan beralih menggunakan bahan bakar gas (BBG) dari sebelumnya bahan bakar minyak (BBM). Pemerintah menargetkan, seluruh kendaraan umum sudah menggunakan BBG pada 2013 mendatang.

"Mobil pribadi nggak mungkin dipaksa, yang akan saya atur itu angkutan umum saja. Kami usahakan untuk menghemat dengan memakai gas," kata Mangindaan di Jakarta, hari ini.

Menurut Mangindaan, Kemenhub akan mengusahakan alat pengubah bahan bakar kendaraan (converter kit) agar bisa secepatnya dipasang di angkutan umum. Targetnya, 250 ribu angkutan umum di Jawa-Bali sudah terpasang converter kit pada 2012.


Untuk mencapai target tersebut, Kemenhub akan menyasar kendaraan umum seperti bus-bus angkutan pedesaan, angkutan masal, dan bus antar kota dan provinsi.

"Kami usulkan sekitar 250 ribu dulu untuk Jawa-Bali dulu, tidak bisa langsung semua karena converter-nya belum siap," paparnya.

Dari catatan Kemenhub, saat ini total angkutan umum yang beroperasi di Indonesia mencapai 500 ribu unit, dan separuhnya berada di Jawa-Bali.

Mangindaan mengatakan pemerintah berharap mulai tahun 2013, seluruh angkutan umum di Indonesia telah menggunakan converter kit. Dirinya optimis target tersebut dapat tercapai seiring pembangunan infrastruktur penunjang konversi BBM yang sudah tersedia.
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net