Headlines News :
Home » , , , , , , , » IAIN Terima Mahasiswa Baru

IAIN Terima Mahasiswa Baru

Written By News and Fun on Thursday 3 May 2012 | 03:01

 
BANDA ACEH – IAIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun ini menerima pendaftaran mahasiswa baru dari dan luar Aceh secara online sejak 1 Mei hingga 15 Juni melalui website www.spmb-ptain.ac.id.

Pembantu Rektor I IAIN Ar-Raniry, Prof H Amirul Hadi MA PhD kepada Serambi kemarin mengatakan, ujian tertulis akan dilakukan serentak secara nasional bersama 52 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-Indonesia di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke 52 PTAIN, seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Peserta dapat memilih program studi pada PTAIN di luar wilayah tempat dia melakukan pendaftaran dan tidak perlu mengikuti ujian di PTAIN tempat program studi yang menjadi pilihannya,” ujar Amirul Hadi.

Dengan kata lain, peserta dibolehkan memilih tempat ujian yang paling dekat dengan domisilinya. “Umpama, ada anak Aceh mau kuliah di luar Aceh bisa pilih saja PTAIN mana, ujian tulisnya bisa di IAIN Ar-Raniry. Jadi, tak perlu ikut ujian tulis di PTAIN yang ada di Pulau Jawa misalnya,” terang Amirul Hadi.

Menurut Amirul, setiap peserta dapat memilih minimal tiga program studi. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan. Peserta yang memilih satu program studi, dibolehkan memilih program studi dari PTAIN di wilayah manapun. Peserta yang memilih dua atau tiga program studi, maka satu program studi harus dipilih dari PTAIN tempat peserta melakukan ujian tulis. “Daftar kode, nama program studi, dan daya tampung dari semua PTAIN dicantumkan dalam website www.spmb-ptain.ac.id,” ujarnya.

Amirul Hadi menambahkan, jenis tes dan bobot penilaian hasil ujian untuk masuk IAIN Ar-Raniry dan PTAIN lainnya meliputi tes potensi akademik 30 persen, tes bidang studi dasar 15 persen, tes wawasan keislaman 15 persen, dan tes bidang IPA/IPS 40 persen.

“Sebenarnya ini tahun ketiga penerapan program penerimaan ini. Tapi tahun pertama dan kedua masih bersifat uji coba dan hasilnya tidak maksimal seperti yang diinginkan. Tahun ini sungguh-sungguh diterapkan program ini untuk 52 PTAIN,” ujarnya.

Amirul Hadi kembali mengingatkan bahwa pendaftraan secara online berlangsung sejak 1 Mei hingga 15 Juni. Pelaksanaan ujian tertulis 19 Juni, sedangkan hasil ujian tulis diumumkan 13 Juli 2012.

syarat pendaftaran

* Lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/diniyah ulya (mu’adalah)/pendidikan kesetaraan paket C tahun 2010, 2011, dan 2012.

* Lulusan tahun 2010 dan 2011 harus memiliki ijazah satuan pendidikan bersangkutan dan lulusan tahun 2012 sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan lulus (SKL) dari kepala sekolah/madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.

* Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.

* Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net