Headlines News :
Home » , » Aceh Terancam Bangkrut? Farhan Hamid: Ini Warning Bagi Pemerintah Aceh

Aceh Terancam Bangkrut? Farhan Hamid: Ini Warning Bagi Pemerintah Aceh

Written By vharoelz blog on Monday 4 February 2013 | 17:53

Farhan Hamid 

Banda Aceh - Terkait pernyatan LSM MaTA bahwa kondisi keuangan Aceh kedepan akan semakin kritis jika pengelolaannya tidak tepat dan bahkan Aceh terancam bangkrut pasca dana Otsus, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farhan Hamid menilai istilah bangkrut kuranglah tepat, namun ia menghargai analisa kawan-kawan LSM.

“Hal ini lebih memberikan warning kepada Pemerintah Aceh terutama kepada gubernur agar memperhatikan betul dalam pengalokasian dana,” ujarnya saat ditemui disela-sela acara “Empat Pilar Goes to Campus” di gedung  AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Senin (04/02/2013).
Ia menambahkan, basisnya sederhana yaitu pendapatan asli daerah tidak seimbang dengan biaya yang dikeluarkan untuk para pegawai. Dari waktu kewaktu ia berharap Gubernur Aceh dan DPRA akan terus melakukan evalualsi dalam pengelolaan dana Otsus.
“Untuk Aceh  kurang lebih 14 tahun lagi kita menerima dana Otsus yang mungkin mengalami grafik naik hingga 2022 dan kemudian akan mengalami grafik turun. Ini perlu dikaji mulai sekarang, bagaimana mengimbanginya. Dana Otsus pada waktunya akan turun pelan-pelan sampai hilang, sehingga mesti diimbangi  dengan pemasukan dana yang besar bagi Aceh,” terangnya.
Farhan Hamid juga menilai, sampai tahun 2012 sebelum pemerintahan yang baru, banyak alokasi dana relatif mengecewakan dan hal itu perlu segera dikoreksi. “Koreksi yang pertama udah lumayan positif, yaitu alokasi dana 40% untuk dana kabupaten/kota akan dikirim secara  block grant.  Itu sudah lumayan, tinggal bagaimana kita monitor teman-teman yang di pemerintah kabupaten/kota memanfaatkan itu dengan cara yang benar dan akuntabel, itu yang penting,” pungkasnya. 

atjehlink.com/
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net