Headlines News :
Home » , » Pernikahan Sederhana Miliarder Facebook Mark Zuckerberg

Pernikahan Sederhana Miliarder Facebook Mark Zuckerberg

Written By News and Fun on Monday 21 May 2012 | 04:12

 
Amerika-Sehari setelah perusahaan jejaring sosial Facebook go public, pendiri dan direktur Facebook, Mark Zuckerberg, kembali membuat kejutan dengan menikahi sang kekasih, Priscilla Chan, di Palo Alto, California, Sabtu (19/5).

Resepsi pernikahan dua kekasih yang sudah menjalin hubungan selama sembilan tahun itu, berlangsung sederhana di halaman belakang kediaman Zuckerberg-Chan dan hanya dihadiri sekitar 100 undangan. 

Para undangan yang hadir dibuat terkejut dengan acara resepsi itu, karena miliarder muda itu tak pernah mengumumkan secara resmi rencana pernikahannya. Mereka awalnya menduga pesta tersebut untuk merayakan kelulusan Chan dari Fakultas Kedokteran, Universitas California.

Pada hari pernikahan, baik Chan maupun Zuckerberg sama-sama mengubah status mereka menjadi “menikah” di akun Facebook dan memasang foto pernikahan keduanya dengan latar belakang taman yang dihiasi lampu-lampu kecil.

Zuckerberg membuang tampilan abu-abu khasnya, dan muncul dalam setelan jas berwarna biru dan berdasi, sedangkan Chan mengenakan gaun pengantin sederhana tanpa lengan berwarna putih.

Siapa Priscilla Chan? Wanita sederhana itu dikenal Zuckerberg pada tahun kedua masa kuliahnya di Universitas Harvard. Saat itu, Zuckerberg sedang memulai proyek Facebook bersama beberapa rekannya.

Chan lulus dari Fakultas Biologi Harvard pada 2007 dan pernah bekerja untuk Facebook. Dalam sebuah foto yang diposting Chan saat kelulusannya dari Harvard, Zuckerberg berdiri di sampingnya dengan mengenakan sweater bertudung yang menjadi ciri khasnya. Chan, gadis asal Braintree, Massachusetts itu, lalu bekerja sebagai guru yang mengajar sains di kelas IV dan V, Sekolah Harker, San Jose, California.

Pada Juni 2008, Chan masuk sekolah kedokteran dan kemudian hidup besama dengan Zuckerberd. Dia lulus dari fakultas kedokteran dan diwisuda pada 21 Mei ini, bertepatan dengan hari ulang tahun Zuckerberg yang ke-29.

Dalam salah satu wawancara dengan ABC News dengan tema “Satu Kekuatan untuk Membantu Mengubah Dunia”, Zuckerberg mengatakan bahwa percakapannya dengan Chan di meja makan membantunya merumuskan inisiatif memberikan sumbangan dari keuntungan Facebook untuk “organ tubuh bagi pasien anak-anak”.

"Dia akan menjadi dokter anak, sehingga percakapan makan malam kita sering tentang Facebook dan anak-anak. Chan mengatakan bahwa anak-anak yang sakit semakin menderita karena tidak memiliki organ tubuh yang mereka butuhkan," kata Zuckerberg.

Dari info di halaman Facebooknya, Chan diketahui fasih berbahasa Inggris, Spanyol dan Kanton. Zuckerberg mengatakan kepada ABC bahwa Chan mengilhaminya untuk mencoba mempelajari bahasa Cina Mandarin dalam satu tahun. Usaha ini tidak begitu berhasil, tetapi cukup membantu Zuckerberg untuk berkomunikasi dengan nenek Chan.

Wanita keturunan Asia itu dikenal berpenampilan sederhana dan sangat menyayangi anjing peliharaannya. Di halaman Facebook, Chan banyak memajang foto “Puli”, anjing gembala Hongaria yang diadopsinya bersama Zuckerberg. 

Sementara itu, penawaran umum perdana saham Facebook merupakan yang terbesar untuk IPO perusahaan teknologi dan terbesar ketiga dalam sejarah Bursa Amerika Serikat, setelah IPO Visa dan General Motors.

Saat ditawarkan perdana di Bursa Wall Street, Jumat (18/5), saham Facebook mengakhiri sesi perdagangan pertama pada harga US$ 38,23 per saham, hanya sedikit lebih tinggi dari harga penawaran US$ 38.

Namun, saham Facebook mencetak rekor untuk volume perdagangan, dengan 567 juta saham berpindah tangan pada akhir sesi. Rekor sebelumnya dari 450 juta saham ditetapkan oleh General Motors (GM, Fortune 500) pada tahun 2010.
Share this post :
 
Design By : Nanggroe WEBdev Powered By e-berita.net